Urgensi dan Keutamaan Qiyamul Lail




Dari Jabir ra., aku mendengar Rasulullah SAW, bersabda, ” Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat seorang muslim dapat menepatinya umtuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat pasti Allah akanmemberikannya (mengabulkannya) dan itu setiap malam.”” (H.R. Muslim dan Ahmad)
Qiyamul lail merupakan sarana berkomunikasi sesorang muslim dengan Rabbnya, mereka lezat dikala munajat dengan penciptanya, ia berdo’a, beristigfar, bertasbih dan memujinya. Akhirnya yang maha pengasih dan penyayang mempermudah semua aspek kehidupan hambanya baik pribadi, keluarga, masyarakat maupun Negara. Begitu pula aspek da’wah, pendidikan ekonomi, social, budaya maupun politik. Dia akan dekat dengan Rabbnya, diampuni dosanya, dihormati sesame, dan menjadi penghuni surge yang disediakan untuknya.
Ketka menyebutkan cirri-ciri yang bertagwa, Allah SWT berfirman yang artinya “Mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan selalu memohonkan ampun diwaktu pagi sebelum fajar.” (QS. Dzariyat:17-18)
Karena pentingnya shalat lail Allah berfirman kepada Nabi-Nya yang artinya,”Hai orang yang berselimut, bangunlah pada sebagian malam (untuk shalat), separuhnya atau kurangi atau lebihi sedikit dari itu. dan bacalah Al-Qur’an dengan tartil.” (QS. Al Muzammil: 1-4)
Berikut akan disampaikan beberapa keutamaan masuk shalat malam dengan tujuan agar seseorang lebih bersemangat dan terdorong hatinya untuk mengerjakannya dan selalu mengerjakannya.
  1. Sebab Masuk Surga
  2.  Mendekatkan diri pada Allah dan Surga
  3. Penghapus dosa dan dijauhkan dari api neraka
  4. Shalat yang paling utama setelah shalat fardhu
  5. Kemuliaan orang yang beriman

0 komentar:

Posting Komentar