RAGAM SIKSA KUBUR dan PENYEBABNYA


RAGAM SIKSA KUBUR dan PENYEBABNYA 

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassalam pernah mengabarkan tentang dua orang yang disiksa di dalam kuburnya. Yang satu karena mengadu domba sesama manusia, yang lainnya karena tidak bersuci setelah buang air kecil. Di dalam hadits Syu’bah disebutkan, “Salah seorang di antara keduanya suka memakan daging manusia.” Artinya, dia adalah orang yang suka menggibah dan mengadu domba.

Sementara itu dalam hadits Ibnu Mas’ud dikabarkan tentang orang yang dipukul dengan cambuk hingga kuburnya dipenuhi api, karena dia pernah mendirikan shalat tanpa bersuci dan melewati orang yang didzalimi, namun dia tidak mau menolongnya.

Juga telah disampaikan hadits Samurah di dalam Shahih Al-Bukhary tentang siksa yang ditimpakan kepada seseorang yang berbuat suatu kedustaan hingga mencapai ufuk, siksa yang ditimpakan kepada seseorang yang membaaca Al-Qur’an di malam hari namun tidak mengamalkannya di siang hari, siksa yang ditimpakan kepada para pezina, laki-laki maupun perempuan, siksa kepada pemakan riba, dan siksa-siksa lainnya seperti yang disaksikan Nabi Muhammad di alam kubur atau alam barzakh.

Dalam hadits Abu Hurairah ra, disebutkan tentang kepala orang-orang yang dipukul dengan batu, karena kepala mereka berat melaksanakan shalat, ada pula orang yang memakan daging busuk dan kotor karena zina yang mereka lakukan di dunia, orang-orang yang memotong bibirnya dengan alat pemotong dari besi karena mereka suka menyebarkan fitnah dalam perkataannya.

Dalam hadits Abu Sa’id, disebutkan tentang siksa yang dijatuhkan kepada orang-orang yang melakukan berbagai macam kejahatan. Diantara mereka ada yang perutnya menggelembung sebesar rumah. Mereka berada di jalan para pengikut Fir’aun laknatullah. Mereka adalah pemakan riba. Diantara mereka ada yang dengan mulutnya menyuapkan bara api hingga bara itu keluar lagi dari duburnya. Mereka adalah pemakan harta anak yatim.

Diantara mereka, ada para wanita yang menggelantung pada payudaranya. Mereka adalah para wanita pezina. Diantara mereka ada yang memotong daging lambungnya lalu memakannya. Mereka adalah orang-orang yang suka menggunjing. Diantara mereka ada yang memiliki kuku dari tembaga, lalu mencakar muka dan dadanya. Mereka adalah orang-orang yang suka menodai kehormatan sesamanya.

Nabi Muhammad SAW telah mengabarkan kepada kita mengenai orang yang terbunuh di medan jihad yang memakai mantel dari harta rampasan, dan mantel itu berubah menjadi api yang membakarnya di dalam kubur. Orang ini sebenarnya juga mempunyai hak terhadap harta rampasan, namun ia mengambilnya sebelum dibagi.

Siksa kubur, bisa disebabkan oleh kedurhakaan hati, mata, telinga, mulut, lisan, perut, kemaluan, tangan, kaki, dan seluruh anggota badan. Dibawah ini adalah beberapa jenis perbuatan, yang dapat mengakibatkan si pelakunya mendapat siksa di dalam kubur :

1. Mengadu domba, berdusta dan menggibah.

2. Memberikan kesaksian palsu.

3. Menuduh para wanita suci.

4. Menyebarkan fitnah.

5. Mengatakan tentang Allah Subhanahu Wa Taala dan Rasul-Nya dengan tidak dilandasi ilmu pengetahuan.

6. Berbicara semaunya tanpa aturan.

7. Memakan riba.

8. Mengambil harta anak yatim.

9. Memakan uang sogok.

10. Mengambil harta saudaranya sesama muslim secara tidak benar.

11. Meminum minuman yang memabukkan.

12. Berzina dan homoseksual/ lesbian.

13. Mencuri dan menipu.

14. Menggugurkan hal-hal yang diwajibkan Allah SWT.

15. Mengganggu dan menyakiti orang-orang muslim.

16. Mencari-cari aib orang muslim.

17. Orang yang berhukum tidak menurut apa yang telah diturunkan Allah.

18. Memberikan fatwa yang bertentangan dengan yang telah disyariatkan Allah SWT.

19. Menolong perbuatan dosa.

20. Membunuh jiwa yang diharamkan Allah SWT untuk dibunuh.

21. Menggugurkan hak-hak asma’ Allah SWT dan sifat-sifatNya.

22. Mengingkari asma’ Allah SWT dan sifat-sifatNya.

23. Mendahulukan pendapat dan jalan pikiran sendiri daripada Sunnah Rasulullah SAW.

24. Meratap ketika anggota keluarganya meninggal dunia.

25. Mendendangkan atau mendengarkan lagu-lagu yang diharamkan Allah SWT dan Rasul-Nya.

26. Mendirikan masjid diatas kuburan dan menyalakan api disana.

27. Berbuat curang ketika menimbang barang.

28. Bertindak semena-mena, sombong, membanggakan diri dan pamer.

29. Mengolok-olok dan mencerca orang-orang salaf.

30. Membantu orang-orang dzalim yang menjual akhiratnya dengan dunia.

31. Tidak peduli jika diingatkan agar takut kepada Allah SWT karena kedurhakaan yang dilakukannya, dan langsung bereaksi jika diingatkan agar takut kepada manusia.

32. Mendapat petunjuk dari Allah SWT dan Rasul-Nya, tetapi tidak peduli dan tidak mau mengikuti.

33. Mendengar bacaan Al-Qur’an namun hatinya sama sekali tidak terketuk oleh kandungannya, atau bahkan merasa risih oleh bacaan tersebut. Sebaliknya, jika ia mendengar omongan setan, nyanyian dan lagu-lagu, maka dia langsung bangkit menyimaknya.

34. Berdusta dan bersumpah palsu atas nama Allah . SWT

35. Bangga dengan kedurhakaan yang dilakukan dan memperbanyak serta menyebarkannya di kalangan rekan-rekannya, atau melakukan kedurhakaan secara terang-terangan.

36. Mengucapkan kata-kata yang kotor dan jorok, umpatan dan hinaan, yang mencerminkan akhlak yang buruk.

37. Menangguhkan pelaksanaan shalat hingga akhir waktu dan tidak berdzikir kepada Allah kecuali sedikit.

38. Tidak membayar zakat mal dengan suka rela dari hatinya.

39. Tidak menunaikan haji meskipun sudah memiliki kemampuan.

40. Tidak memenuhui hak meskipun sanggup memenuhinya.

41. Tidak peduli dari mana harta yang diperoleh, dari yang halal atau yang haram.

42. Tidak menyambungkan tali persaudaraan, tidak mengasihi orang miskin, janda, anak yatim dan hewan peliharaan, tidak pula menganjurkan orang lain untuk mengasihi orang miskin.

43. Dan masih sangat banyak lagi, yang masing-masing tergantung dari sedikit dan banyaknya, kecil dan besarnya.

Karena banyak manusia yang mengerjakan hal-hal itu, maka banyaklah penghuni kubur yang mendapat siksa. Sedikit sekali orang yang lolos dari siksaan itu. Zhahir kubur memang hanya tanah. Namun didalamnya ada siksaan dan panas, yang menggelegak seperti air yang mendidih di dalam periuk.

PITUTUR SAKING TIYANG SEPUH


PITUTUR SAKING TIYANG SEPUH


Wondene wonten 3 perkara pitutur saking tiyang sepuh:

1.TEKUN

2.TEKEN

3.TEKAN

1.TEKUN = lamun badhe nggayuh punopo gegayuhan kedah kita lampahi ngange ketekunan ingkang saestu.

2.TEKEN = teken puniko inggih agung pigunane kangge lantaran kita dugi gegayuhan puniko.Lamun sampun kita anglampahi tekun supados kita angupatdi ingakang nami teken puniko.

3.TEKAN = tekan puniko kasampurnanipun sedoyo gegayuhan. “Mbok menawi sampun tekan dipun tuntut kedah eling kalih kang nyipto kito wonten ing alam donyo puniki.





SEDULUR PAPAT LIMA PANCER


(“Papat Kiblat Lima Pancer” )



Ing Kekayon wayang purwa kang kaprahe kasebut Gunungan, ana kono gambar Macan, Bantheng, Kethek lan Manuk Merak.



Kocape kuwi mujudake Sedulur Papat mungguhing manungsa. Kewan cacah papat mau nggambarake nafsu patang warna yaiku :



Macan nggambarake nafsu Amarah,



Banteng nggambarake nafsu Supiyah,



Kethek nggambarake nafsu Aluamah,



lan Manuk Merak nggambarake nafsu Mutmainah



SEDULUR PAPAT LIMA PANCER Njupuk sumber saka Kitab Kidungan Purwajati seratane , diwiwiti saka tembang Dhandanggula kang cakepane mangkene:



Ana kidung ing kadang Marmati Amung tuwuh ing kuwasanira



Nganakaken saciptane Kakang Kawah puniku Kang rumeksa ing awak mami



Anekakake sedya Ing kuwasanipun Adhi Ari-Ari ingkang Memayungi laku kuwasanireki



Angenakken pangarah Ponang Getih ing rahina wengi Ngrerewangi ulah kang kuwasa Andadekaken karsane Puser kuwasanipun Nguyu-uyu sabawa mami Nuruti ing panedha Kuwasanireku Jangkep kadang ingsun papat Kalimane wus dadi pancer sawiji Tunggal sawujud ingwang Ing tembang dhuwur iku disebutake yen ” Sedulur Papat ” iku Marmati, Kawah, Ari-Ari, lan Getih kang kaprahe diarani Rahsa. Kabeh kuwi mancer neng Puser (Udel) yaiku mancer ing Bayi. 



Cethane mancer marang uwonge kuwi. Geneya kok disebut Marmati, kakang Kawah, Adhi Ari-Ari lan Rahsa kuwi?.



Marmati iku tegese Samar Mati ! lire yen wong wadon pas nggarbini ( hamil ) iku sadina-dina pikirane uwas Samar Mati.



Rasa uwas kawatir pralaya anane dhisik dhewe sadurunge metune Kawah, Ari-Ari lan Rahsa kuwi mau, mulane Rasa Samar Mati iku banjur dianggep minangka Sadulur Tuwa.



Wong nggarbini yen pas babaran kae, kang dhisik dhewe iku metune Banyu Kawah sak durunge laire bayi, mula Kawah banjur dianggep Sadulur Tuwa kang lumrahe diarani Kakang Kawah.



Yen Kawah wis mancal medhal, banjur disusul laire bayi, sakwise kuwi banjur disusul wetune Ari-Ari.



Sarehne Ari-Ari iku metune sakwise bayi lair, mulane Ari-Ari iku diarani Sedulur Enom lan kasebut Adhi Ari-Ari Lamun ana wong abaran tartamtu ngetokake Rah ( Getih ) sapirang-pirang. Wetune Rah (Rahsa) iki uga ing wektu akhir, mula Rahsa iku uga dianggep Sedulur Enom.



Puser (Tali Plasenta) iku umume PUPAK yen bayi wis umur pitung dina. Puser kang copot saka udel kuwi uga dianggep Sedulure bayi.



Iki dianggep Pancer pusate Sedulur Papat.



Mula banjur tuwuh unen-unen “SEDULUR PAPAT LIMA PANCER” Ing Kekayon wayang purwa kang kaprahe kasebut Gunungan, ana kono gambar Macan, Bantheng, Kethek lan Manuk Merak. Kocape kuwi mujudake Sedulur Papat mungguhing manungsa.



Kewan cacah papat mau nggambarake nafsu patang warna yaiku :



Macan nggambarake nafsu Amarah,



Bantheng nggambarake nafsu Supiyah,



Kethek nggambarake nafsu Aluamah,



lan Manuk Merak nggambarake nafsu Mutmainah kang kabeh mau bisa dibabarake kaya ukara ing ngisor iki:



Amarah : Yen manungsa ngetutake amarah iku tartamtu tansaya bengkerengan lan padudon wae, bisa-bisa manungsa koncatan kasabaran,kamangka sabar iku mujudake alat kanggo nyaketake dhiri marang Allah SWT.



Supiyah / Kaendahan : Manungsa kuwi umume seneng marang kang sarwa endah yaiku wanita (asmara). Mula manungsa kang kabulet nafsu asmara digambarake bisa ngobong jagad.



Aluamah / Srakah : Manungsa kuwi umume padha nduweni rasa srakah lan aluamah, mula kuwi yen ora dikendaleni, manungsa kepengine bisa urip nganti pitung turunan.



Mutmainah / Kautaman : Senajan kuwi kautaman utawa kabecikan, nanging yen ngluwihi wates ya tetep ora becik.





Contone; menehi duwit marang wong kang kekurangan kuwi becik, nanging yen kabeh duwene duwit diwenehake satemah uripe dewe rusak, iku cetha yen ora apik.



Mula kuwi, sedulur papat iku kudu direksa lan diatur supaya aja nganti ngelantur. Manungsa diuji aja nganti kalah karo sedulur papat kasebut, kapara kudu menang, lire kudu bisa ngatasi krodhane sedulur papat. Yen manungsa dikalahake dening sedulur papat iki, ateges jagade bubrah.



Ing kene dununge pancer kudu bisa dadi paugeran lan dadi pathokan.

“cekap semanten rumiyen salam punopo kritik kulo tampi sakin poro sedulur sedoyo.