pengertian apersepsi,eksplorasi,elaborasi dan konspirasi

Apersepsi adalah menyampaikan tujuan pembelajaran yang bertujuan untuk memotifasi peseerta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Eksplorasi dalam materi mengenai himpunan :
- Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan beserta data anggotanya,mengenai anggota dan bukan anggota himpunan,notasi himpunan,himpunan berhingga dan tak terhingga,himpunan kosong dan nol serta notasinya, juga pengertian himpunan semesta beserta anggotanya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
- Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai cara menuliskan kumpulan bilangan yang diberikan kedalam bnetuk himpunan.
- Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip belajar dari berbagai macam sumber.
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,media pembelajaran dan sumber belajar lain.
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,lingkungan dan sumber belajar lainnya.
- Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Elaborasi,dalam kegiatan elaborasi guru :
- Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru,baik secara lisan maupun tertulis.

0 komentar:

Posting Komentar